Tuesday, November 14, 2017

Apa itu Dropship.


Seputar Dropship

Anda tetap dapat berjualan di Tokopedia dengan memanfaatkan sistem dropship. Sistem dropship adalah Anda melakukan pembelian di Toko lain dan pengirimannya dilakukan menggunakan nama Toko Anda.
Dengan sistem dropship, Anda tidak perlu memiliki stok barang. Akan tetapi Anda bertanggung jawab melakukan pemesanan barang yang sesuai pada Toko lain untuk memenuhi permintaan pembeli.

Dropshipper

Kini, Internal Dropship sudah tidak berlaku lagi namun jangan khawatir Anda tetap bisa melakukan sistem dropship dengan External Dropshipper. Lalu, apa perbedaan antara Internal Dropshipper dan External Dropshipper? Simak penjelasannya berikut ini.
Apa itu Internal Dropshipper?
Internal Dropshipping adalah transaksi dimana 1 penjual di Tokopedia membeli produk dari sesama penjual di Tokopedia dan menjualnya kembali ke pembeli di Tokopedia. Penjual yang melakukan Internal Dropshipping disebut sebagai Internal Dropshipper.
User-added image
Apa itu External Dropshipper?
External Dropshipping adalah :
  • Transaksi dimana pembeli di Tokopedia membeli produk dari penjual di Tokopedia dan menjual ke pembeli lain di luar Tokopedia (mengklik untuk mengirim sebagai Dropshipper pada halaman checkout).
  • Penjual di Tokopedia membeli produk dari penjual yang berjualan di luar Tokopedia dan menjualnya kembali ke pembeli di Tokopediayang melakukan External Dropshipping disebut sebagai External Dropshipper.
User-added image
User-added image
Syarat dan Ketentuan Dropship
  1. Berlaku sejak tanggal 5 November 2018, ada perubahan kebijakan Tokopedia, dimana Tokopedia tidak memperbolehkan adanya Internal Dropshipper, namun External Dropshipper diperbolehkan.
  2. Dikarenakan adanya ketentuan baru ini, 1 nomor resi hanya dapat diinput oleh 1 penjual di Tokopedia. Penjual yang menginput nomor resi yang telah diinput oleh penjual lain akan mendapat keterangan: “Tokopedia tidak memperbolehkan internal dropshipper. Dropshipping hanya bisa dilakukan ke pembeli di luar Tokopedia atau dari penjual di luar Tokopedia.“
  3. Jika transaksi terindikasi sebagai dropshipper internal, dana akan dikembalikan ke pembeli. Kerugian akan sepenuhnya ditanggung oleh Internal Dropshipper.
Artikel ini diambil dari www.tokopedia.com

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Automotive | Edited by martcomp.blogspot.com